Sakit Jantung? Coba Beberapa Alami dari Tumbuhan


 Sakit Jantung? Coba Beberapa Alami dari Tumbuhan Ginkgo biloba merupakan salah satu tanaman alami yang bermanfaat untuk penderita penyakit jantung. (Liputan6)

OBAT sakit jantung alami dari tumbuhan digadang-gadang bagus untuk penyakit jantung. Bahkan, beberapa di antaranya dapat dengan mudah dijumpai. Namun, penggunaanya perlu dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu guna memastikan keamanan dan efektivitasnya.

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit berbahaya yang merenggut banyak nyawa. Penyakit ini terjadi ketika pembuluh darah jantung tersumbat, sehingga aliran darah ke otot jantung jadi terganggu.

Hal tersebut bisa membuat otot-otot jantung rusak, sehingga tidak bisa memompa darah dengan optimal. Oleh karena itu, penanganan penyakit jantung pun perlu hati-hati karena dapat berakibat buruk bila salah langkah.

Penanganan sebenarnya sakit jantung hanya dapat dilakukan oleh dokter dengan obat-obatan tertentu atau tindakan medis. Meski begitu, ada beberapa obat sakit jantung alami dari tumbuhan yang bisa dicoba guna mencegah kondisi memburuk. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsinya, ya.

Obat Sakit Jantung Alami dari Tumbuhan

Berikut ini adalah beberapa obat sakit jantung alami dari tumbuhan yang bisa dicoba yang sudah ditinjau dr. Kevin Adrian, dikutip dari laman alodokter.com

  1. Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba merupakan salah satu tanaman alami yang bermanfaat untuk penderita penyakit jantung. Pasalnya, tanaman herbal satu ini mengandung flavonoid yang bersifat antioksidan dan antiradang. Obat sakit jantung alami ini juga bisa melancarkan aliran darah dan mencegah sumbatan di pembuluh darah.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, biasanya ginkgo biloba dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Meski begitu, obat sakit jantung herbal ini tidak cocok dikonsumsi dengan obat-obatan medis, seperti obat pengencer darah.

Oleh karena itu, pasien penyakit jantung yang sudah mendapatkan obat medis perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter saat hendak menggunakan obat sakit jantung alami dari tumbuhan ini.

  1. Bawang Putih

Tanaman alami yang kerap dijadikan bumbu masakan ini mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol tinggi, sehingga baik untuk mencegah penyakit jantung hingga stroke. Selain itu, bawang putih juga efektif untuk mengurangi peradangan pada tubuh.

Manfaat tersebut berasal dari kandungan senyawa allicin yang bersifat antiradang dan antioksidan. Namun, senyawa allicin dalam bawang putih juga dapat meningkatkan pengenceran darah. Oleh karena itu, hindari penggunaan obat sakit jantung alami dari tumbuhan ini dengan obat pengencer darah, seperti warfarin, guna mencegah risiko perdarahan.

  1. Teh Hijau

Obat sakit jantung alami dari tumbuhan selanjutnya adalah teh hijau. Tanaman satu ini mengandung banyak antioksidan yang juga dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh.

Oleh karena itu, teh hijau berpotensi dimanfaatkan sebagai obat sakit jantung alami karena mampu mencegah penyakit aterosklerosis atau terbentuknya plak di pembuluh darah jantung.

Bahkan, menurut sebuah penelitian, mengonsumsi lebih dari 5 cangkir teh hijau dalam sehari dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke. Meski begitu, hindari konsumsi teh hijau dengan obat-obatan tertentu, seperti obat jantung dan obat pengencer darah, karena dapat mengganggu efek kerja dari obat-obatan tersebut.

  1. Daun Kelor

Daun kelor dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang kaya manfaat untuk kesehatan, seperti mengatasi penyakit kardiovaskular hingga menurunkan kolesterol pemicu penyakit jantung koroner.

Manfaat obat sakit jantung alami dari tumbuhan ini diperoleh berkat kandungan senyawa aktif dalam daun kelor berupa, flavonoid, asam fenolik, dan alkaloid yang berperan untuk menangkal radikal bebas dan mengatasi peradangan. 

  1. Kunyit

Tidak hanya sering digunakan sebagai bumbu masakan, siapa sangka jika rempah satu ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, khususnya sebagai obat jantung alami. Hal ini karena kunyit mengandung kurkumin yang bersifat antioksidan dan antiradang untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, obat sakit jantung alami dari tumbuhan ini efektif untuk mengurangi pembekuan darah di pembuluh darah arteri. Namun, penggunaan kunyit dan obat pengencer darah, seperti warfarin, perlu dihindari guna mencegah terjadinya perdarahan.

  1. Kayu Manis

Kayu manis juga dikenal sebagai salah satu tanaman yang kerap digunakan sebagai bumbu masakan. Tidak hanya itu, tanaman ini juga dapat digunakan sebagai obat sakit jantung alami yang bisa Anda coba.

Obat sakit jantung alami dari tumbuhan ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh. Dengan begitu, risiko terkena penyakit jantung dapat diminimalkan.

  1. Ginseng

Tumpukan plak lemak di pembuluh darah arteri dapat memicu terjadinya penyakit arteri koroner dan serangan jantung. Ginseng menjadi salah satu tanaman herbal yang dapat mengatasi kondisi tersebut karena mampu menurunkan kolesterol dan mengurangi peradangan pemicu terjadinya penyakit jantung.

Namun, Anda perlu menghindari penggunaan obat sakit jantung alami dari tumbuhan tersebut dengan obat-obatan tertentu, seperti obat pengencer darah. Hal ini guna mencegah penurunan efektivitas dari obat tersebut dan mencegah risiko terjadinya penggumpalan darah.

Pada dasarnya, belum ada obat herbal yang aman untuk mengatasi penyakit jantung selain dengan obat-obatan atau tindakan medis. Meski begitu, obat jantung alami dari tumbuhan di atas bisa menjadi salah satu cara mencegah penyakit jantung. Makanya, Anda disarankan tidak hanya mengandalkan obat tersebut sebagai pengobatan utama.

Di samping mengonsumsi obat alami maupun medis, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan untuk jantung, berolahraga secara teratur, berhenti merokok, hingga mencukupi waktu istirahat setidaknya 7 jam sehari.

Namun, bila Anda ingin mencoba obat sakit jantung alami dari tumbuhan tersebut tetapi sedang menjalani pengobatan atau sedang mengonsumsi obat medis jantung, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter guna menghindari terjadinya masalah tertentu pada tubuh.

 

 

Editor : Farida Denura

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Herbal Medicine Terbaru