Mengembangkan Usaha Kuliner Lancar Selama New Normal


 Mengembangkan Usaha Kuliner Lancar Selama New Normal Inovasi makanan unik dan kreatif (Net)

JAKARTA, ARAHKITA.COM -Di masa pandemi dan kini dibarengi dengan situasi new normal, beragam usaha kini memanfaatkan media digital sebagai sarananya. Termasuk usaha kuliner yang tetap diminati pelanggan. Lahan ini tetap subur, meski kondisi ekonomi masih bebenah membangun kembali fondasinya.

Beberapa kalangan bahkan mantap mengatakan bahwa peluang bisnis kuliner saat ini masi terbilang moncer dan selalu berkembang dalam keadaan apapun termasuk memasuki new normal. Pasalnya setiap hari orang akan mencari makanan karena memang hal ini adalah kebutuhan. Maka dari itu, bisnis kuliner sangat memiliki potensi besar.

Namun lantaran masih terhadap covid-19, pemanfaatan digital atau promosi dan penjualan online tetap jadi hal yang utama. Ditambah lagi beberapa trik berikut ini, yang makin menambah kelancaran produk kuliner yang dipasarkan.

Tampilan yang khas dan unik

Bisnis kuliner memang memiliki potensi pasar yang besar, tapi sudah menjadi rahasia umum kalau persaingannya dalam menjalankannya juga sangat ketat. Memiliki pesaing di bisnis kuliner adalah hal wajar. Nah, supaya bisa terlihat menarik di antara para kompetitor ciri khas adalah tips bisnis kuliner yang bisa diterapkan supaya sukses.

Jika kesulitan, bisa memodifikasi produk yang sudah ada menjadi hal menarik. Misalnya, kamu berjualan sambal atau abon. Supaya terlihat berbeda dan unik, bisa mengambil konsep go-green di mana memakai bahan-bahan ramah lingkungan saat mengemas produk. Tidak hanya itu, di dalam setiap produk yang dipesan, bisa memberikan edukasi terkait daur ulang dari wadah yang telah digunakan.

Hal ini tentu menjadikan bisnis kuliner lebih unik dan berbeda. Tak hanya itu, bisnis juga memiliki value yang baik di mata konsumen.

Perhatikan Kualitas Rasa, Harga dan Value Produk

Sebelum membahas tips bisnis kuliner selanjutnya, tentu sudah tahu bahwa dalam bisnis kuliner, kualitas rasa dan harga menjadi modal penentu keuntungan yang diperoleh ke depannya.

Banyak di luar sana yang membuat bisnis kuliner dengan menggunakan bahan-bahan biasa yang mudah ditemukan di pasaran, tapi bisa dijual dengan harga yang lumayan.Alasannya? karena sebenarnya orang bisa akan tetap membeli makanan/minuman meskipun harganya tidak murah.

Bisanya faktor yang mempengaruhi adalah rasa yang enak, kemasan menarik hingga nilai yang didapatkan oleh konsumen saat membeli produk tersebut. Memakai contoh di poin sebelumnya, misalnya menjual sambal yang memang sangat mudah ditemukan di pasaran.

Tapi, karena menggunakan konsep ramah lingkungan, tentu saja walaupun memberikan harga yang lebih mahal, para pecinta lingkungan kemungkinan besar akan tetap membelinya karena value yang ditawarkan kepada mereka.

Terus Berinovasi

Kehidupan terus berkembang, begitu juga dengan dunia kuliner dan selera masyarakat dalam mengonsumsi makanan/minuman. Harus dipastikan bisnis kuliner terus beradaptasi dengan tidak berhenti untuk melakukan inovasi. Ya, inovasi adalah tips bisnis kuliner yang harus diterapkan.

Harus diingat selalu, bahwa adanya inovasi dalam berbisnis akan membuat pelanggan tak bosan karena produk selalu menggairahkan. Tak hanya itu, dengan berinovasi kita pun memiliki peluang untuk mendapatkan konsumen baru.

Asah kemampuan inovasi ini, karena ke depannya akan sangat membantu untuk tetap bertahan dan mencapai kesukesan yang diinginkan.

Memaksimalkan Penjualan Melalui Online

New Normal adalah era di mana internet memegang peranan yang sangat penting. Tentu saja sudah dirasakan, bagaimana koneksi internet bisa membuat kita tetap bisa “hidup” dan menjalin hubungan dengan teman, kolega atau konsumen walaupun tidak bertemu secara tatap muka.

Nah, rupanya di era ini, cara online masih dinilai ampuh untuk diterapkan pada bisnis, dan menjadi tips bisnis kuliner yang efektif. Adanya protokol kesehatan ketat yang dilakukan pemerintah, membuat banyak orang masih mengandalkan membeli makanan secara online untuk sehari-hari, entah itu melalui aplikasi atau media sosial.

Sebagai pemilik bisnis kuliner, tentu bisa memanfaatkan momen ini. Alih-alih membuka gerai khusus, cukup memanfaatkan dengan baik sistem pembelian online melalui internet. Tentu saja cara ini sangat menguntungkan karena tak perlu keluar uang untuk sewa tempat.

Pelajari cara kerja e-commerce yang tersedia seperti Shopee, Tokopedia dan lainnya. Bisa juga bekerja sama dengan aplikasi pesan makanan online yang ada.


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Arah Preneur Terbaru