Ini yang Membuat Pasar Saham Australia Ditutup di Rekor Tertinggi Satu Dekade


 Ini yang Membuat Pasar Saham Australia Ditutup di Rekor Tertinggi Satu Dekade Ilustrasi: Pasar saham Australia. (Net)

SYDNEY, ARAHKITA.COM - Pasar saham Australia ditutup di salah satu level tertingginya dalam lebih dari satu dekade pada Rabu (20/6/2018), terutama didukung oleh penguatan di sektor perbankan meskipun sektor telekomunikasi jatuh dipimpin oleh Telstra.

Pada penutupan, indeks acuan S&P/ASX200 naik 70,5 poin atau 1,16 persen menjadi 6.172,6 poin, sementara indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 65,6 poin atau 1,06 persen menjadi 6.274,5 poin.

Analis pasar CommSec Steven Daghlian mengatakan,"Itu pasti salah satu hari terbaik tahun ini ... sedikit mengejutkan, hanya seberapa kuat pasar minggu ini, mengingat seluruh dunia, tidak begitu banyak dengan ketegangan perdagangan yang sedang berlangsung antara Tiongkok dan AS "membuat sebagian besar pasar global cemas."

Bank-bank merupakan penyumbang utama terhadap keuntungan hari ini dan saham-saham pertambangan, sementara "tidak cukup positif," mencatat "hari yang cukup baik juga" mengingat jatuhnya harga minyak serta bijih besi dan sebagian besar logam lainnya, katanya sebagaimana dilansir Antara dari Xinhua.

Raksasa telekomunikasi Telstra membentuk salah satu pemberat utama perdagangan hari ini dengan pengumumannya untuk memangkas 8.000 pekerja dalam tiga tahun ke depan, serta menandai kemungkinan keuntungan lebih rendah pada 2019, kata Daghlian. Saham perusahaan merosot 4,81 persen pada penutupan perdagangan.

Bank ANZ berakhir 2,74 persen lebih tinggi, Commonwealth Bank naik 2,91 persen, National Australia Bank bertambah 1,92 persen dan Westpac melonjak 2,89 persen.

Raksasa pertambangan BHP Billiton dan saingannya Rio Tinto keduanya bertambah 0,74 persen. Fortescue Metals naik 0,89 persen dan penambang emas Newcrest naik tipis 0,09 persen. Woodside Petroleum naik 1,11 persen, sementara raksasa minyak dan gas Santos melonjak 3,01 persen.

Jaringan supermarket Woolworths bertambah 0,31 persen dan rivalnya Wesfarmers naik 0,51 persen. Operator penerbangan nasional Qantas naik 1,24 persen dan kelompok biomedis CSL berakhir naik 1,13 persen.

Editor : Farida Denura

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Ekonomi Terbaru