ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | SCHOLAE

Yuk, Intip Negara-Negara dengan Tradisi Unik saat Ramadan

Kamis , 17 Mei 2018 | 18:36
Yuk, Intip Negara-Negara dengan Tradisi Unik saat Ramadan
Persiapan Iftar, buka puasa massal di Palestina. (palestinianworld.blogspot)

TAK hanya Indonesia yang memiliki tradisi setiap menjelan bulan puasa. Negara-negara berikut ini juga memiliki tradisi unik Ramadan. Yuk intip....

Palestina
Palestina memiliki festival bernama Iftar Atar saat bulan ramadan tiba. Iftar Atar sendiri merupakan kegiatan buka puasa massal yang dihadiri oleh penduduk Palestina. Hidangan yang disajikan pun juga sangat khas, Falafel namannya. Sebuah kudapan yang terbuat dari kacang chickpea.

Arab Saudi

Ledakan-meriam-sebagai-tanda-berbuka-via
Sebagai pusat umat muslim di dunia, masyarakat Arab Saudi juga memiliki tradisi yang unik saat bulan ramadan tiba. Jika di Indonesia berbuka puasa selalu diawali dengan bedug sebelum adzan, berbeda dengan Arab Saudi. Negara ini menggunakan meriam sebagai tanda berbuka.

Mesir
Mesir menjadi indah saat bulan Ramadan datang. Karena setiap rumah di Mesir memasang lampu yang bernama Fanous atau lentera Ramadan. Lampu ini menghiasi halaman rumah masyarakat mesir saat bulan puasa tiba.
Lampu fanous ini juga memiliki arti tersendiri. Selain menajadi ungkapan kegembiraan menyambut Ramadan, lampu ini juga merupakan simbol sumber cahaya kehidupan manusia.

Turki

Roti-Pide-yang-disebut-sebagai-pizzanya-Turki-via
Turki memiliki tradisi yang tak jauh berbeda dengan Indonesia. Masyarakat Turki juga terbiasa berkeliling kota untuk membangunkan sahur. Saat buka puasa, makanan yang disajikan adalah roti pide. Makanan yang disebut-sebut sebagai pizzanya Turki.

Biasanya kuliner ini disajikan dengan bermacam-macam lauk, begitu pun dengan toppingnya.

Seperti kata pepatah, lain ladang lain belalang. Tradisi setiap negara dalam menyambut ramadan pun juga selalu berbeda dan memiliki keunikan tersendiri. Pernah menemukan tradisi unik lain saat menyambut Ramadan?

 

Editor : Farida Denura
KOMENTAR