Instagram Rilis Creator Marketplace, Ruang Baru Kreator Pamerkan Karya


  • Selasa, 11 Juni 2024 | 12:00
  • | Tekno
 Instagram Rilis Creator Marketplace, Ruang Baru Kreator Pamerkan Karya Instagram mengenalkan fitur baru bernama Creator Marketplace bagi para kreator di Indonesia. (Kompas)

JAKARTA, ARAHKITA.COM - Instagram, platform media sosial yang merupakan bagian dari Meta, mengenalkan fitur baru bernama "Creator Marketplace" bagi para kreator di Indonesia sebagai ruang baru bagi kreator menampilkan karya-karyanya untuk lebih mudah dilihat para brand dan menciptakan kemitraan baru.

Creator Marketplace sebenarnya sudah diluncurkan Instagram pada Juli 2022, namun fitur itu baru diperluas ke pasar Indonesia pada beberapa pekan yang lalu.

"Kami sangat antusias memperluas Creator Marketplace ke lebih banyak negara, termasuk Indonesia, dan menyediakan tools yang lebih baik bagi para kreator untuk terhubung dan berkolaborasi dengan brand," kata Manajer Kemitraan Global APAC Meta di Indonesia Rifky Septiaji di Jakarta, Senin (10/6/2024) dikutip Antara.

Sebenarnya, fitur Creator Marketplace tidak hanya membantu kreator untuk menampilkan portofolionya ke jenama untuk bermitra tapi juga memudahkan brand untuk mencari profil kreator yang sesuai untuk mempromosikan produknya.

Dengan demikian, baik untuk kreator maupun untuk brand sebenarnya fitur ini berguna untuk memenuhi kebutuhan masing-masing.

Creator Marketplace Instagram ini akan memfasilitasi kolaborasi yang mudah antara kreator dan brand. Kreator dapat meningkatkan visibilitas melalui profil dan portofolio, mengelola kemitraan dengan folder pesan khusus, serta menunjukkan karya dan minat unik mereka.

"Hal ini akan membuka lebih banyak peluang penemuan oleh brand dan kemitraan yang lebih mudah bagi para kreator konten," lanjut Rifky.

Adapun untuk bisa menggunakan fitur ini, kreator bisa bergabung ke Instagram Creator Marketplace di Meta Business Suite. Nantinya kreator bisa menentukan merek dan minat yang relevan dengan mereka. Kreator pun bisa membuat portofolio untuk menyorot apa saja yang membuat mereka unik.

Selanjutnya, brand akan mencari para kreator yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Meta pun bisa merekomendasikan kecocokan kreator dan merek yang tepat untuk kampanye lewat pembelajaran mesin.

Brand juga bisa mencari kreator, yang memfilter atribut kreator dan pemirsa. Mereka juga bisa melihat daftar kreator yang telah menunjukkan minat dan memeriksa portofolio kreator.

Setelahnya, kreator akan menerima pesan merek dalam folder Pesan Kemitraan khusus di bagian atas tab Utama. Merek juga bisa menghubungi kreator secara langsung atau membuat dan mengirimkan proyek yang menjelaskan peluang iklan kemitraan atau konten bermerek ke beberapa kreator.

Kreator bisa meninjau detail dan persyaratan peluang tersebut, beserta tarifnya, semuanya di aplikasi Instagram. Apabila sepakat kerja sama, kreator dan brand siap berkreasi.

Pengiklan bisa mempromosikan konten Instagram organik sebagai iklan kemitraan, termasuk konten bermerek dengan label kemitraan berbayar, atau mereka bisa membuat iklan kemitraan baru di Pengelola Iklan.

Editor : Farida Denura

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tekno Terbaru